Beranda

Sabtu, 01 Maret 2014

2 Rasa menjelang kelulusan

    Ini bukan cerita di mana anak SMA, menuliskan kebingungnya buat 'Ujian Nasional'.. Bukan juga cerita dimana anak SMA kebingungan memutar balik 360 derajat otaknya untuk berpikir, harus kemana kita nanti ketika lulus... ?

Bukan, bukan itu..

     1 maret 2014, dimana hari ini, gue, bahkan kita yang sekira gue sepemikirin. Akan di hadapkan hal yang sama.. entah ini tentang rasa senang, namun tetap bercampur berat. Iya, di mulai dari hari ini, kurang lebih 30 hari yang akan datang, kita akan sampai yang namanya titik kedewasan..



     Titik dimana gue dan yang lainya, akan jauh lebih memikirkan mau kemana 'gue', dan bukan mau kemana 'kita'. Dimana kebersamaan, akan bisa di ulang kembali nantinya dengan cara yang berbeda. Setiap satu langkah, setiap satu pijakan, adalah cara untuk nenuju kebersamaan. Sukses! Kata yang lebih tepat untuk bersama.

     Ngomongin soal 2 rasa, rasa yang paling utama di sini adalah "Rasa sayang tak terbalaskan". Yaelah jomblo.
Disini gue bakal ceritain kekeluh kesahan gue tentang kelulusan, yang mungkin sama dengan apa yang kalian rasain. Dan mungkin dengan tulisan gue ini, pikiran kalian bakal lebih kebuka buat nyeburin di kejurang.

***

'Rasa senang mau lulus'


     Siapa sih yang engga seneng kalo mau lulus? Dikit lagi lho, hari H-nya bakal di hitung kurang lebih dari 30 hari.

     Bakal kebayang engga sih lo, setelah lulus bulan depan kita semua bakal ngejalanin hidup sendiri sendiri dengan tujuan masing-masing. Mungkin kaya gue misalnya, yang bakal nerusin pendidikan di bangku kuliah, bangku dimana gue bakalan jadi mahasiswa yang blm tentu engga abadi. Atau elo, yang mau nerusin pendikan kedokteran spesialis bedah otak naga.

  Semua tergantung pilihan lo, dan semua tinggal sebentar lagi *plis lemparin gue granat*

    Engga kebayang deh gimana senengnya kita pas lulus. Dari SD, sekolah pake seragam, sampe SMA pake seragam. Tau banget deh otak temen-temen gue yang kalo sekolah niatnya bisa tampil necis tanpa pakaian serempak ala partai. Pasti udah bosen.

    Bukan itu aja, rasa seneng kita makin engga kebayang kalo kita bermimpi ketemu temen SMA kita 7 tahun lagi. Iya engga? Gue yakin pasti temen-temen gue banyak yang sukses. Kali aja pas 7 tahun nanti gue ketemu mereka yang sama suksesnya, lagi naik mobil, pas pasan di perempatan, terus saling nyapa.

"Weii sukses ya,lo? Kerja apa sekarang" sapa gue.

"Wah allhamdulliah, gue udah naik pangkat.." seneng seneng eek kucing.

"Bagus- bagus, dokter apa sekarang?"

"Spesialis.. spesialis bedah.. bedah T-rex"

"Oh, ok." Kemudian hening.

   Pokoknya banyak banget deh kesenangan yang engga terduga setelah nanti kita pada lulus.

***

'Rasa berat meninggalkan sekolah'


    Di samping rasa senang, ada rasa berat, dimana kita harus benar-benar menyelesaikan tanggung jawab kita. Pernah engga sih, kalian merasa terpaksa? Misalnya gue;

    Gue, orang yang sering kali merasa malas dengan pakaian yang baru tadi sore gue gantung, dan paginya gue harus menggunakanya dengan perasaan 'terpaksa'..

   Gue, orang yang sering kali merasa begitu banyak beban di pagi hari, dengan lembaran kertas berhalaman, serta tumpukan buku beberapa judul yang setiap harinya harus gue bawa dengan 'terpaksa'..

  Gue, orang yang sering kali merasa bosan ketika harus mendengar kalimat sambutan yang sama.. "Bangun, ayo sekolah!". Dengan mata yang sayu, beranjak lah badan dengan perasaan 'terpaksa'..

  Dan gue! Orang yang sering kali merasa kesal ketika membayangkan sekolah dengan begitu banyak peraturan yang harus di jalankan dengan 'PAKSAAN'..

     Nah, rasa terpaksa di atas engga akan bisa kita dapetin lagi. Dan ini, permasalahanya.. gue sih udah ngebayangin, gimana nanti kangenya gue sama suara celotehan nyokap bangun pagi. Repotnya pakai seragam delapan belas peniti. Belum lagi, kalo topi ketinggalan. Engga ada lagi hal repot, masuk-masuk ruangannya adik kelas sambil ngibas-ngibas rambut, cuma buat minjem topi adik kelas yang tampangnya kaya kena epilepsi. Engga bakal ada lagi.

     Semua bakal hilang gitu aja, dan paitnya lagi. Di SMA tuh jadi pengen terus-terusan satu kelas sama gebetan temen. Itu yang bahaya.
  
     Intinya puas-puasin deh yang namanya masa SMA, dari hal detail. Kadang, yang sering banget kita ngerasa bosen, bahkan jengkel, malah bisa-bisa jadi kangen banget.

    Ohiya, rasa takut kehilangan masa sekolah ini bukan berarti buat kita jadi makin males gerak, justru seharusnya buat kita jadi makin semangat buat jalanin hari-hari di sekolah selama satu bulan kedepan. Rajin masuk misalnya, yang tadinya masuk seminggu dua kali, mungkin, abis mampir dari blog gue masuk sekolah dari hari senin sampai minggu jadi masuk terus. Atau, yang tadinya sering telat masuk serengah 7, jam 12 malem udah piket dikelas. Kali aja.

   Udah segini dulu deh tulisan gue jangan lupa comm ya, dan pokoknya semangatlah, 2014 Pasti lulus! :')