Beranda

Jumat, 06 September 2013

Lanjut jujur enggak ya?

      "Mau terus terang aja.. tapi takut. Kalo bohong terus... ini hati makin kerucut"



      
         Yeyooo.. Dari sebagian kalian yang lagi direndung masalah karena kebohongan, biasanya enggak jauh-jauh dari kata penyeselan. Ya, kali ini gue mau bahas tentang kejujuran. Kadang, setiap kali kita mau jujur ada aja kendalanya. Kaya mau jujur kalo lo udah nyembunyiin sesuatu. Atau, kalo ada hal yang lo lakuin sama seseorang tapi jatuhnya jadi bohong. Bohong kalo lo udah jadian. Bohong kalo lo udah bisa move on. Bohong juga, kalo pacar lo bilang sayang tapi tetep enggak bisa move on. Itu jadinya elo yang ngenes. Hoaamm..
       Tapi, apapun masalahnya saat berbohong. Buat jujur itu kadang bingung sendiri gimana caranya. Bahkan suka ada petanyaan-pertanyaan negatif mendaak di otak, sampai-sampai nunda buat coba jujur dan gagal lagi. Kaya apa sih? Gimana ngatasinya? okey, langsung gue bahas..

Takut alasanya di tolak

(Foto: diperagakan oleh model dan bukan JKT 48)

       Menurut gue, hal ini sering banget terjadi. Berapa kali buat niat jujur. Eh, kepikiran hal ini. "Kalo alasan gue di tolak gimana?"
     
      "Rambut sama hitam, sifat dan pemikiran belum tentu sama".
   
      "Hati sama merah, kok kalo sakit hati pegang dada?". Itu bego enggak sih? Okesip.
   
       Yap! Setiap orang punya karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang suka berfikir dengan menerima sebuah alasan yang cukup rinci, tapi ada juga yang bisa menerima sebuah alasan yang secukup-nya, lalu; yaudah gue maafin.
        Kaya gue misalnya. Orang yang harus menerima alasan logis ketika merasa dibohongin. Dari yang udah-udah. Tipe yang seperti ini paling sulit di berikan penjelasan. Udah di jelasin panjang lebar kenapa bohong, eh tetap enggak percaya. Gue ambil contoh..
        Anggap aja namanya Mita. Mita ini punya pacar. Pacarnya, adalah salah satu orang yang enggak gampang percaya saat di bohongin. Apa lagi alasanya basi banget.
        Sewaktu ketika, Mita bilang sama si pacar bahwa hari ini dia enggak kemana-mana. Si pacar ini percaya. Malam harinya, temanya Mita minta tolong buat nemenin doi ke flyover. Pas Mita nanya ngapain. Temenya ini bilang, kalo dia mau pdkt. Maklum, dia jomblo. Jomblo lima tahun. Itu jomblo apa kredit motor, gue juga enggak tau. Yang pasti miris.
       Karena si Mita mau nemenin temenya ini buat pdkt. Berangkatlah mita ke flyover. Entah gue juga bingung kenapa harus pdkt di flyover dan harus di temenin si Mita ini.Ya, kalo gue sih lagi-lagi maklumin. Mungkin dia takut, karena mau kenal sama orang baru. Nanti kalo di apa-apain gimana. Kaya di lempar kecewek-cewek yang lagi nongkrong pakai cino ngejreng misalnya. Hayoo.
      Selang enggak berapa lama. Pacarnya si Mita ini dateng. Entah tau dari mana. Gue juga enggak tau. Ya, Yang pasti bukan tau dari cewek-cewek yang pakai cino ngejreng tadi. Pacarnya mita kesel enggak karuan, karena di pikiranya si mita udah coba-coba buat bohong. Mita coba buat ngejelasin. Karena si Mita emang udah pergi tanpa bilang. Tapi akhirnya si Mita enggak sempat ngejelasin karena pacarnya udah keburu pergi.
        Besoknya, Mita mau coba jelasin kenapa dia bohong, tapi mita udah keburu takut karena Mita tau; pacarnya bukan tipe orang yang gampang percaya. Dan akhirnya ketunda. Besoknya lagi, Mita mau ngejelasin dan ketunda. Karena belum bergerak mita udah mikir itu semua. Enggak sampai seminggu. Pacarnya itu mutusin si mita karena menurutnya enggak ada lagi penjelasan. Apa lagi alasan logis yang diterima.
      Menurut gue, ketika lo berhadapan dengan orang yang sulit percaya apapun alasnya. Saran gue.. "berhenti berfikir negatif sebelum bertindak" dan ketika seseorang sulit menerima kebohongan yang dia dapat. "Cepat atau lambat dia akan percaya. Selagi alasanya logis dan benar-benar jujur".

Waktunya belum tepat .


     
      Pemikiran ini juga sering banget gue dapetin ketika udah benar-benar fokus mau jujur. Tapi, eh ada aja. Entah sih orang yang gue bohongin beginilah. Atau gue begitulah. Buat yang satu ini gue mau kasih saran simple aja.
        
          "Butuh waktu"

LAH, KOK GITU??
     Gini deh. Nunggu apa?, Nunggu waktu?, Mau sampai kapan?, Sampai negara api menyerang? Duhh enggak mungkinkan..
    Maksud gue disini butuh waktu itu bukan dengan cara menunggu.  Menurut gue. Butuh dan menunggu adalah hal yang berbeda. Butuh waktu untuk berbicara jujur pada seseorang. Enggak semuanya langsung bisa buat diterima dengan kepala digin. Kaya harus lihat suasana orangnya. Kalo lagi moodnya baik pasti bakalan di terima suka rela. Nah, kalo enggak? Amsyong. Tapi,Gimana caranya? Gampang! Buat moment agar semuanya terlihat jauh lebih baik.
       Jadi, mebutuhkan waktu ketimbang menunggu waktu untuk menghadapi seseorang itu lebih ideal menurut gue. Kaya ketika para wanita berbedak tebal menyelinap di ujung jalan misalnya. Gue harus ajak ajak dia kesini. Dengan muka dia yang bercampur lepeknya maskara. Gue harus terlihat ramah. Setelah itu baru gue harus jujur. Mba, mba, gue harap itu muka bukan donat. Keliatan banyak serbuknya gitu soalnya. Bersihin dong plis bersihin bersihin!! Dan.. sekali lagi gue harus jujur.. itu muka bukan papan karambol pos ronda bego! Bersihin woy! Bersihin!!. Jujur bangetkan ya gue. Tapi intinya. Kalo enggak sekarang ya kapan lagi.
      
Takut enggak di percaya lagi .

(Foto: diperagakan oleh jari yang terlatih)


         Ini yang terakhir. Dari pembahasan gue di atas. Rasa takut ini, menurut gue rasa takut yang paling besar saat mau jujur. Kadang, selain enggak di percaya lagi, orang-orang di sekililing akan jauh melihat sebelah mata. Di pandang sebelah mata? Buta maksudnya? Bukan! Katarak enggak. Jereng juga enggak. Mungkin ketutupan maskara yang luntur. Judulnya di pandang sebelah mata.
          Resiko ini nyiksa banget kalo sampai terjadi. Berharap ini enggak terjadi sama kalian ya. Yang pasti, ketika kebohongan menjadi fatal menurut gue. Bahkan di ulang sampai beberapa kali. Tindakan ini memang harus di ambil. Agar menjadi pelajaran. Tapi.. bukan berarti harus enggak percaya seterusnya nih. Ka cuma sebagai pelajaran.
         
TAPI, KALO GUE YANG ENGGAK DI PERCAYAIN LAGI GIMANA?

          Tergantung! Kaya yang tadi gue bilang. Elo berbuat hal yang fatal atau enggak. Sampai berulang kali atau enggak. Kalo iya. Berbesar hatilah untuk menerima pelajaran. Tapi, tenang. Cepat atau lambat. Sekeliling lo akan percaya lagi. Dengan syarat; berhenti melakukan hal yang sama. Apa lagi jauh lebih dari itu. Jadi, kalo lo enggak merasa melakukanya berulang kali. Santai aja, hapus pikiran negativ tentang ini. Yakinin diri, bahwa jujur lebih baik ketimbang menunda atau bahkan tak sama sekali, biar hati yang kerucut tadi bisa mekar lagi! :)
          Sampai disini dulu postingan gue kali ini. Bukan bermaksud menggurui. Setidaknya berbagi pengalaman jauh lebih baik. Ohiya, jangan lupa! lo masih takut jujur karena yang mana? Atau ada alasan lain selain di atas? Hehe. Lo bisa berbagi kok di coment box di bawah ini. Thankyou :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar dengan tutur kata yang baik, tak menjatuhkan orang lain, kelompok, dll. Terimakasih banyak! :)